Laman

Saturday, July 2, 2016

Tips Aman Naik Pesawat bagi Ibu Hamil - informasitravellingindonesia


Tips Aman Naik Pesawat bagi Ibu hamil – Banyak kalangan berpendapat bahwa ibu hamil tidak disarankan naik pesawat sebab bisa membahayakan janin dalam kandungannya. Mungkin ada yang beranggapan hal tersebut hanya mitos atau bahkan ada juga yang membenarkan dengan merujuk pada ilmu medis. Lalu mana yang benar?

Pada dasarnya bagi seorang ibu hamil masih tergolong aman bepergian naik pesawat, dengan catatan tubuhnya dalam kondisi sehat. Meski begitu ada aturan khusus yang wajib dipatuhi ibu hamil sebelum naik pesawat. Lalu kapan waktu yang tepat bagi ibu hamil untuk naik pesawat? Berikut tips aman naik pesawat bagi ibu hamil yang wajib Anda perhatikan.

Waktu yang Tepat Bagi Ibu Hamil untuk Naik Pesawat
Terlepas aman atau tidak aman ibu hamil naik pesawat, salah satunya tergantung dari usia kehamilannya. Jika Anda sedang hamil, waktu yang tepat untuk Anda naik pesawat yaitu ketika kehamilan memasuki usia trimester kedua atau minggu ke 14 sampai minggu ke 28. Mengapa harus demikian? Memasuki usia kehamilan minggu ke 14 ke atas bisa dinyatakan Anda sudah nyaman dengan kehamilan. Selain itu resiko keguguran dan lahir permatur cukup rendah.

Sebaliknya pada trimester pertama kehamilan, mayoritas wanita sering mengalami mual, muntah, dan lelah (morning sick). Kondisi tersebut tentu saja dapat mengganggu perjalanan, disamping juga meningkatkan resiko keguguran dan bayi lahir prematur. Terlepas Anda naik pesawat atau tidak resiko mengalami kemungkinan terburuk tersebut sangat tinggi di usia kehamilan 3 bulan pertama.
Tips aman naik pesawat bagi ibu hamil yang berikutnya masih terkait denga usia kehamilan. Jika naik pesawat disarankan pada usia kehamilan 14 – 28 minggu, maka sebaiknya Anda hindari naik pesawat ketika kehamilan sudah menginjak usia melahirkan. Bepergian di usia kehamilan tersebut membuat Anda kurang nyaman bahkan akan sangat melelahkan.

Supaya tubuh tetap sehat selama melakukan perjalanan udara, sebaiknya Anda banyak mengonsumsi cairan supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi. Agar lebih nyaman kenakan pakaian yang longgar dari bahan lembut dan gunakan stocking untuk mencegah pembekuan darah. Pilih tempat duduk yang memberi banyak ruang bagi Anda untuk bergerak lebih leluasa, misalnya kursi dekat lorong sehingga tidak akan memakan waktu lama jika Anda ingin ke toilet.

Disarankan Anda tidak terlalu lama duduk. Sesekali Anda bisa berjalan-jalan di lorong agar sirkulasi darah kembali lancar. Jika tidak memungkinkan untuk berjalan-jalan, renggangkan pergelangan kaki selama di tempat duduk, tidak lupa gunakan dan kencangkan sabuk pengaman dibawah perut.
Demikian tips aman naik pesawat bagi ibu hamil. Sebenarnya kehamilan bukan hambatan yang berarti bagi Anda untuk bepergian dengan naik pesawat. Namun jika kondisi kesehatan Anda tidak memungkinkan sebaiknya juga tidak memaksakan diri. Memeriksakan kesehatan dan kandungan ke dokter ahli adalah opsi yang tepat sebelum melakukan perjalanan udara.

No comments:

Post a Comment