Laman

Friday, July 22, 2016

Gunung Rinjani Surga Bagi Para Pelancong - informasitravellingindonesia

Bagi para pendaki gunung, tentunya sudah tidak asing dengan Gunung Rinjani. Gunung Rinjani tepatnya berada di Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat yang ternyata merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia, di mana Gunung Rinjani ketinggiannya mencapai 3.726m dpl. Pesona gunung ini menjadi daya tarik para pendaki, mulai dari aspek adrenalin saat “muncak” hingga suguhan panorama alamnya yang sangat indah. Tak perlu susah-susah menemukan Gunung Rinjani. Karena pada saat anda sudah di Lombok, maka pemandangan yang paling mendominasi ialah Gunung Rinjani. Sebab memang, gunung rinjani terdapat di provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya Pulau Lombok.



Mitos Bahwa Gunung Rinjani Angker
Konon katanya, gunung ini memiliki nilai spritual bagi masyarakat Hindu Bali dan Suku Sasak. Bagi masyarakat Bali, gunung ini dipercaya sebagai bersemayamnya para dewa setelah Semeru dan Agung, sehingga gunung ini termasuk salah satu dari tiga gunung yang disucikan.



Rute Pendakian Gunung Rinjani Lombok Indonesia
Bagi anda para pendaki, tentunya anda akan singgah di Desa Sembalun, dimana di Desa ini merupakan salah satu akses menuju ke Taman Nasional Gunung Rinjani. Anda akan melewati Bukit Tiga Dara, para pendaki biasanya menikmati panorama alam saat matahari terbenam.

Pada awal pendakian, anda akan disuguhkan dengan savana atau Sabana Sembalun, di sabana ini anda akan disuguhkan dengan ilalang-ilalang dan jarang sekali pepohonan. Sehingga anda harus bersiap dengan terpaan sinar matahari secara langsung, layaknya tempat ini seperti di pantai, karena jarang sekali pepohonan yang tumbuh. Sangat disarankan anda lewati jalur pendakian resmi, karena jalur ini lebih aman. Mengingat jalurnya bisa dibilang bermedan berat, jadi anda harus mempersiapkan tubuh yang prima. Tentunya dibekali dengan ilmu alam sebagai perbekalan pada saat anda berada di alam terbuka.
Puncak gunung dan Danau Segara Anak ialah tujuan utama para pendaki, karena dua hal ini yang membuat Gunung Rinjani menjadi destinasi pendakian favorit. Danau Segara Anak menjadi destinasi urutan kedua setelah puncak Rinjani. Dikarenakan pada umumnya setiap pendaki terlebih dahulu mencapai puncak Rinjani. Perlu diingat, untuk mencapai puncak Rinjani sangatlah curam dengan tanah berpasir.



Anda mungkin memerlukan tongkat untuk membantu pendakian ataupun menuruni medan yang terjal. Terlebih lagi, pada sisi kanan maupun kiri terhampar jurang, apabila anda melakukan kecerobohan yang fatal maka akan memungkinkan mencelakai diri sendiri ataupun pendaki lain. Pendakian ke puncak dengan medan berpasir cukup menguras tenaga, namun anda harus mempertimbangkan bahwa jika mencapai puncak anda bisa memandang hamparan serta panorama alam yang luas terbentang, serta pada malam harinya anda akan menyaksikan gugusan bintang jika tidak terhalang kabut tebal.


Pada saat turun gunung, mampirlah ke Danau Segara Anak pada pagi harinya setelah sunrise, anda bisa membuat “camp” didekat spot tersebut. Anda bisa menikmati berendam air panas dan memancing ikan di danau tersebut. Danau Sagara Anak bisa dimanfaatkan para pendaki untuk melepas lelah dan penat saat muncak dan mengisi ulang energi dengan dimanjakan oleh danau ini.

No comments:

Post a Comment