Laman

Wednesday, October 12, 2016

Wisata Waduk Gajah Mungkur, Tempat Wisata Favorit Jawa Tengah - informasitravellingindonesia

Jawa Tengah yang dinobatkan sebagai provinsi seribu candi sebenarnya tidak hanya punya wisata candi yang menarik saja. Akan tetapi Jawa Tengah juga punya banyak tempat wisata lainnya karena selain dinobatkan demikian, Jawa Tengah juga dinobatkan sebagai sebuah provinsi wisata yang sangat ideal dikunjungi di Indonesia.

Salah satu wisata di Jawa Tengah yang sangat recommended banget untuk dikunjungi adalah wisata Waduk Gajah Mungkur. Tempat wisata ini memang jadi favoritnya tempat wisata keluarga di Jawa Tengah. Walaupun masih belum lama ini terkenal, sebenarnya wisata Waduk Gajah Mungkur merupakan sebuah wisata yang sudah ada sejak zaman dulu dan memang punya sejarah yang nyata. Berikut informasinya untuk Anda!



Sejarah Waduk Gajah Mungkur
Banyak kabar simpang siur tentang sejarah Waduk Gajah Mungkur. Salah satu sejarah yang sampai saat ini dipercaya adalah tentang Gajah Madep. Sebab ambisi yang menggebu supaya Gajah Madep kemudian cucu tercintanya menyanggupi keinginan dalam menukar Gajah Mego menjadi Pengangeng Puri Gajah Mego, Eyang lanjut umur nenek Gajah Madep kemudian menghalalkan segala macam kiat untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkannya.

Pada waktu yang bersamaan Eyang Tua bersama pertolongan kapabilitas jahat Bik Birah yang menguasai segala macam ilmu hitam melakukan berbagai macam upaya untuk mencelakai si Gajah Mungkur. Akan tetapi karena pertolongan Burung Hantu yang jadi utusan Ki Batuaji kemudian hasilnya Gajah Mungkur sukses dan kemudian dirinya lolos dari bahaya yang mengancamnya tersebut.

Kemudian atas dasar garis nasib, nasib Bik Birah berhenti di tangan Ki Batuaji yang juga merupakan seorang orang pintar dengan aliran putih. Akan tetapi Gajah Mungkur yang merasa geram sebab Gajah Mego kemudian menciptakan rumus terhadap Gajah Madep. Kemudian mimpi dari Ratna Manikan dan Ratna Intan berhasil menjadi bukti bahwa kedua gajah akbar yang merupakan jelmaan Gajah Mungkur dan Gajah Madep hasilnya berkelahi untuk saling memusnahkan satu dengan yang lainnya. Karena perkelahian Gajah Mungkur dan Gajah Madep ini kemudian muncul sebuah waduk yang diberi nama Waduk Gajah Mungkur.

Dan sekarang ini telah menjadi sebuah tempat wisata yang lokasinya sekitar 7 km ke arah selatan kota Wonogiri. Dimana luas daerah genangan waduk ini lebih dari 8800 hektar dengan luas daerah 90 km2 yang terdiri dari 51 desa dan di 7 kecamatan. Dalam pelaksanaan pembangunan Waduk Gajah Mungkur dilakukan dengan cara swakelola dengan menggunakan pertolongan konsultan dari Nippon Koei Co, Ltd Jepang.

Demikian sedikit informasi yang kali ini dapat kami berikan untuk Anda tentang Sejarah Waduk Gajah Mungkur. Semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan mungkin menjadi salah satu rekomendasi wisata terbaik untuk Anda.


No comments:

Post a Comment